Content Pillar

[Panduan Lengkap] 8 Jenis Perbaikan Koper Sebelum Traveling

Perbaikan koper

Koper rusak saat sedang dalam perjalanan tentu bisa menjadi masalah besar, terutama kalau kamu masih harus bepergian keesokan harinya. Meskipun membeli koper baru mungkin bisa menjadi solusi yang mudah, namun terkadang waktu dan biaya menjadi kendala yang sulit diatasi. Di sisi lain, terkadang masih ada rasa ragu. Apakah perbaikan koper bisa menjadi solusi terbaik di saat-saat seperti ini?

Kami memahami bahwa koper merupakan barang yang sangat penting bagi kamu saat melakukan perjalanan. Daripada keluar biaya besar, perbaikan koper mungkin justru jadi opsi yang lebih tepat.

Tidak Punya Waktu Membaca Full Artikel Sekarang?

Jangan khawatir, download E-Book dibawah ini

 

Di sini, kami akan memperkenalkan 8 jenis perbaikan koper yang bisa bantu kamu memilih jasa reparasi yang tepat. Tapi sebelum membahas lebih lanjut dan mulai mencari tempat perbaikan koper terdekat, yuk kenali dulu jenis-jenis koper dan material yang sering digunakan.

Bagian 1 | Memahami Jenis-Jenis Koper & Materialnya

Reparasi Koper

Koper kamu rusak saat ingin bepergian dan mempertimbangkan memperbaiki kopermu? Tapi sebelum mulai cari tempat reparasi terdekat, yuk pahami dulu jenis-jenis koper beserta materialnya.

A. Mengenal 4 Jenis Koper

Sebenarnya ada banyak jenis koper. Tapi secara umum, setidaknya ada 4 jenis koper yang tersedia di pasaran. Berikut keempat jenis koper tersebut.

1. Checked Luggage

Checked luggage atau bagasi terdaftar adalah semua jenis bawaan atau koper yang terlalu besar atau terlalu berat untuk dibawa sendiri ke kabin pesawat sehingga harus dimasukkan ke dalam ruang kargo pesawat.

2. Carry-On Bag

Carry-on bag adalah tas atau koper kecil yang diizinkan penumpang untuk membawa dan menyimpan di kabin pesawat selama penerbangan. Ukuran dan berat maksimum carry-on bag bisa bervariasi tergantung pada kebijakan maskapai penerbangan yang bersangkutan.

3. Travel Tote

Travel tote adalah tas jinjing berukuran cukup besar yang boleh dibawa ke dalam kabin pesawat. Biasanya travel tote digunakan untuk membawa barang-barang yang sering digunakan selama penerbangan.

4. Duffel Bag

Duffel bag adalah jenis tas jinjing yang berbentuk tabung dan dilengkapi dengan tali bahu yang kuat. Tas jenis ini memiliki beberapa kompartemen yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang dengan aman.

B. 13 Material Koper

Perbaikan koper biasanya disesuaikan dengan material pembuatnya. Karena itu, sebelum memulai reparasi kamu juga perlu tahu jenis material koper yang kamu punya terlebih dahulu.

1. ABS

ABS adalah jenis plastik padat dan ringan yang sering digunakan untuk membuat koper. Bahan ini tahan benturan dan mudah dibersihkan. Namun karena kurang fleksibel, bahan yang satu ini tergolong cepat retak.

2. Polycarbonate

Bahan ini kuat, ringan dan tahan pecah, sehingga mampu melindungi barang-barang jika tas terjatuh. Karena keunggulannya, sekitar 42% koper dibuat dari bahan yang satu ini.

3. ABS/Polycarbonate Composite

ABS/polycarbonate composite merupakan material yang terdiri dari perpaduan antara ABS dan lapisan polycarbonate untuk mengurangi kemungkinan retakan pada eksterior. Material ini lebih kaku dari polycarbonate murni namun lebih fleksibel dibanding ABS.

4. Polypropylene

Polypropylene tergolong jarang digunakan sebagai bahan koper. Meski begitu, material ini punya daya tahan sedang, sangat ringan dan fleksibel. Bahkan bisa dikatakan polypropylene adalah bahan koper paling ringan.

5. Polyethylene Terephthalate (PET)

Polyethylene Terephthalate (PET) merupakan jenis plastik ramah lingkungan yang sering digunakan untuk membuat botol air yang dapat digunakan kembali. Karena ringan dan tahan lama, PET juga sering digunakan sebagai bahan koper.

6. Aluminium

Aluminium adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat koper hardcase. Bahan yang satu ini dikenal kuat dan tahan benturan.

7. Titanium

Titanium merupakan bahan yang sangat kuat dan ringan. Material yang satu ini juga tahan korosi dan suhu ekstrem. Walaupun lebih mahal daripada opsi lain, koper titanium bisa bertahan selama bertahun-tahun.

8. Carbon Fiber

Material yang satu ini terbuat dari serat karbon yang kuat dan tipis. Selain tahan lama, koper yang terbuat dari carbon fiber umumnya juga memiliki tampilan yang mewah.

9. Nylon

Nilon dikenal sebagai bahan yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Meski cukup kuat, bahan yang satu ini bisa saja sobek jika tidak dirawat dengan hati-hati.

10. Polyester

Poliester termasuk jenis kain yang umum digunakan sebagai bahan koper. Bahan yang satu ini sangat terjangkau dan mudah dibersihkan. Namun karena mudah sobek, kamu harus berhati-hati saat menggunakannya.

11. Kulit/Leather

Bahan kulit memang punya kelasnya sendiri. Selain terlihat elegan, bahan yang satu ini juga dikenal tahan lama. Kekurangannya mungkin terletak di perawatannya yang sedikit ribet dan harganya yang mahal.

12. Kanvas

Kanvas dikenal tahan lama dan punya harga yang terjangkau. Akan tetapi, bahan yang satu ini dikenal lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan jenis bahan lain yang biasa digunakan untuk koper.

13. Kayu

Material yang satu ini tergolong sangat kuat. Dari segi tampilan, tas atau koper yang terbuat dari kayu juga punya kesan vintage yang sangat kental.

C. Berkenalan dengan Brand Koper Terbaik

Sebelum mempelajari tentang perbaikan koper, ada baiknya kamu juga tahu tentang merek-merek koper terbaik yang ada saat ini. Beberapa merek mungkin memiliki penanganan khusus yang harus diperhatikan, termasuk merek koper yang kamu miliki saat ini.

1. Brand Koper Lokal

Brand-brand terbaik tidak hanya berasal dari luar negeri saja. Berikut beberapa brand lokal yang juga patut dipertimbangkan.

a. Maternal Disaster

Maternal Disaster merupakan brand yang menawarkan berbagai produk fashion, termasuk koper model Threage yang terbuat dari bahan plastik ABS. Koper ini dilengkapi troli teleskopik, kunci kombinasi tiga digit dan silent run wheels.

b. Bagasi

Brand yang satu ini memiliki beberapa model koper. Salah satu yang paling banyak mendapat rekomendasi adalah model Bagasi Stupa Cabin Green yang terbuat dari bahan polycarbonate.

c. Eiger

Selain dikenal akan produk outdoor-nya, Eiger juga punya produk koper. Salah satunya adalah model Eiger X Cyprus Xtra 45 Duffle.

d. President Luggage

Koper dari brand yang satu ini dikenal punya desain yang luxury dan trendy. Pada salah satu model kopernya, yakni President Trolley Case 5323 bahkan sudah ada fitur USB charging port juga.

e. Baller Indonesia

Baller Indonesia punya banyak model koper. Salah satunya adalah model Continental 24 Inchi Medium Size yang telah dilengkapi double TSA Combination Lock.

2. Brand Koper Internasional

Sebenarnya ada banyak brand koper internasional. Dari brand-brand tersebut, berikut beberapa diantaranya.

a. Samsonite

Brand Samsonite dikenal akan kualitasnya. Penggunaan material polycarbonate berkualitas tinggi dan berbagai macam model yang tersedia menjadikannya sebagai salah brand yang layak dipertimbangkan.

b. Tumi

Koper dari brand Tumi punya gaya desain yang dirancang untuk para businessman. Penggunaan material polycarbonate berkualitas tinggi menjadikan koper-koper Tumi kuat dan tahan lama.

c. Rimowa

Sebagai brand koper yang telah berusia lebih dari 120 tahun, koper-koper dari Rimowa dikenal akan kualitasnya yang tinggi. Bahkan salah satu modelnya, yakni Rimowa Hybrid memadukan dua material terbaik untuk koper, yakni aluminium polycarbonate.

d. Lojel

Brand yang satu ini dikenal punya perpaduan yang banyak dicari banyak orang, yakni kualitas dan harga yang terjangkau. Setiap produk dari Lojel juga telah lulus pengujian.

e. American Tourister

American Tourister termasuk salah satu brand koper populer. Salah satu modelnya, yakni Upland bahkan telah dilengkapi anti gores.

Bagian 2 | Jenis Reparasi Pada Kerusakan Koper

Reparasi Koper

Setelah mengenal karakteristik dan brand koper terbaik, kamu juga perlu tahu jenis-jenis perbaikan koper. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa mengetahui bagaimana penanganan yang tepat dan bagaimana mengatur budget untuk reparasi koper.

A. 6 Jenis Kerusakan Pada Koper

Sebelum mulai mencari tempat reparasi koper terdekat, ada baiknya kamu tahu jenis-jenis kerusakan pada koper. Untuk itu, berikut beberapa jenis kerusakan yang biasa dialami.

1. Kunci yang Rusak atau Hilang

Kunci koper juga tergolong bagian yang paling sering rusak. Kerusakannya bervariasi, mulai dari sulit dikunci sampai kunci yang hilang. Karena sulit diperbaiki sendiri, ada baiknya kamu segera mencari tempat perbaikan koper terdekat.

2. Kerusakan Resleting / Resleting Tersangkut

Seiring dengan penggunaan, resleting bisa saja rusak atau tersangkut. Kerusakan di bagian resleting tentu saja membuat koper jadi sulit ditutup.

3. Roda Pecah, Tersendat/Hilang

Jika sering digunakan di medan yang kurang rata, roda koper bisa saja rusak, tersendat, bahkan sampai hilang. Biasanya, kerusakan seperti ini hanya bisa diperbaiki dengan cara mengganti roda yang rusak dengan roda baru.

4. Handling Rusak

Kerusakan handling koper adalah kerusakan yang terjadi pada koper saat proses pengangkutan oleh maskapai penerbangan. Kerusakan ini dapat terjadi di berbagai tahap, mulai dari saat check-in, pemuatan ke pesawat, hingga pengambilan bagasi di bandara tujuan.

B. Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kerusakan Pada Koper

Koper tidak akan rusak begitu saja. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan koper rusak.

1. Penanganan Koper yang Salah

Koper bisa saja rusak jika ditangani dengan kasar, baik saat dibawa ke bandara atau terminal bus. Kerusakan ini biasanya terjadi pada bagian eksterior, seperti goresan atau retakan pada body koper.

2. Kelebihan Berat

Membawa terlalu banyak barang atau memasukkan barang-barang yang berat ke dalam koper bisa merusak beberapa bagian koper, seperti roda atau sistem kunci.

3. Kelembaban

Koper yang tidak disimpan dengan baik bisa terkena air atau kelembaban yang dapat menyebabkan kerusakan pada barang-barang dalam koper.

4. Penggunaan Jangka Panjang

Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan komponen-komponen koper, seperti roda atau sistem kunci rusak. Jika ini yang terjadi, tempat perbaikan terdekat biasanya akan memperbaikinya dengan mengganti komponen yang rusak dengan yang baru.

5. Kondisi Cuaca

Kondisi cuaca, seperti hujan, salju atau panas yang berlebihan bisa merusak koper. Kerusakan akibat kondisi cuaca bisa terjadi baik pada komponen eksterior maupun interior.

C. Jenis-Jenis Reparasi pada Koper

Saat kopermu rusak, jangan buru-buru datang ke tempat perbaikan koper terdekat. Karena setiap jenis kerusakan membutuhkan penanganan yang berbeda, ada baiknya kamu tahu jenis-jenis perbaikan koper terlebih dahulu.

1. Pergantian Ritsleting

Jika kerusakan terjadi pada resleting, kamu mungkin butuh penggantian resleting. Namun agar mendapatkan resleting yang secara kualitas sama bagusnya, pastikan untuk datang ke tempat perbaikan yang terpercaya.

2. Pergantian Roda

Jenis perbaikan koper yang satu ini dilakukan untuk mengganti roda koper yang pecah, lepas atau tersendat. Biasanya, tempat perbaikan koper terdekat akan memperbaikinya dengan mengganti roda koper dengan roda yang sama jenis dan kualitasnya.

3. Pergantian Handle

Kerusakan handling koper adalah kerusakan yang terjadi pada koper saat proses pengangkutan oleh maskapai penerbangan. Kerusakan ini dapat terjadi di berbagai tahap, mulai dari saat check-in, pemuatan ke pesawat, hingga pengambilan bagasi di bandara tujuan.

Saat koper rusak, kamu mungkin akan merasa dilema. Apakah memperbaiki koper itu sepadan? Memperbaiki koper bisa dianggap sepadan jika memenuhi beberapa syarat. Berikut penjelasannya.

1. Saat Biaya Reparasi Lebih Murah

Antara beli baru dengan memperbaiki koper, mana yang lebih murah? Jika reparasi jauh lebih murah, maka memperbaiki koper jelas bisa jadi opsi terbaik.

2. Terdapat Toko Reparasi yang Kredibel

Meski lebih murah, tidak semua tempat reparasi koper terdekat mampu menjawab ekspektasi. Kamu juga perlu mencari tempat reparasi terdekat yang bisa diandalkan. Jika kamu bisa menemukannya tempat itu, rasanya tidak ada alasan untuk memperbaiki koper kamu.

Bagian 3 | Panduan Memilih Jasa Perbaikan Koper

Reparasi Koper

Setelah mengetahui jenis-jenis perbaikan koper, muncul satu pertanyaan baru. Bagaimana panduan memilih jasa reparasi yang tepat untuk kamu? Agar tidak sampai salah pilih, di sini kamu akan menemukan jawaban tentang cara memilih tempat reparasi koper terdekat yang bisa diandalkan.

A. 8 Tips Memilih Jasa Perbaikan Koper

Saat memilih jasa reparasi koper terdekat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut tips untuk menemukan tempat reparasi terdekat yang bisa diandalkan.

1. Ketahui Pengalaman Toko Perbaikan Koper

Cari tahu berapa lama pengalaman toko tempat kamu akan reparasi koper. Semakin lama pengalaman sebuah toko reparasi beroperasi maka dapat dipastikan toko tersebut memiliki pengetahuan yang dalam mengenai penanganan di berbagai jenis kerusakan.

2. Kualitas Hasil Perbaikan Koper

Kualitas adalah segalanya. Karena itu, lihat dulu bagaimana kualitas hasil reparasinya. Dalam hal ini, pilihlah yang hasilnya bagus.

3. Kecepatan Perbaikan Koper

Hasil bagus tapi harus menunggu terlalu lama. Tentu kamu tidak ingin seperti ini. Karena itu, pilihlah tempat reparasi koper terdekat yang juga bisa bekerja cepat.

4. Bahan yang Digunakan

Kualitas bahan mempengaruhi hasil reparasi koper. Untuk itu, pastikan tempat reparasi koper terdekat yang akan kamu gunakan menggunakan bahan-bahan yang memang berkualitas.

5. Estimasi Biaya yang Dikeluarkan

Murah atau mahal itu relatif. Meski begitu, uang yang dikeluarkan harus sepadan dengan apa yang didapatkan. Jadi saat memilih tempat reparasi koper, cari tahu estimasi biayanya dulu.

6. Lokasi Toko Perbaikan Koper

Carilah tempat reparasi terdekat. Bukan hanya dekat dari tempat tinggal, sebaiknya kamu juga memilih toko reparasi yang dekat dengan keramaian atau pusat perbelanjaan.

7. Peralatan Reparasi yang Digunakan

Peralatan reparasi turut menentukan kualitas hasil pekerjaan. Karena itu, pastikan toko reparasi toko terdekat yang kamu pilih punya peralatan yang memadai.

8. Ketersediaan Produk Replacement Koper

Saat memperbaiki koper, beberapa komponen koper mungkin ada yang perlu diganti. Karena itu, carilah toko reparasi yang punya produk replacement koper yang terbilang lengkap.

B. Keuntungan Perbaikan Koper Dengan Jasa Profesional

Menggunakan jasa reparasi koper profesional memang perlu keluar biaya lebih. Namun harus diakui, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan di sini.

1. Memperbaiki Beragam Kerusakan Koper Kamu

Jasa reparasi koper profesional umumnya bisa memperbaiki segala jenis kerusakan koper. Jadi apapun kerusakan yang kamu alami, kamu cukup datang ke satu tempat.

2. Lebih Berpengalaman

Tempat reparasi koper profesional tidak hanya punya peralatan dan pengetahuan untuk memperbaiki koper. Mereka juga memiliki pengalaman yang tentunya sangat berguna untuk memperbaiki koper yang kamu miliki.

3. Menghemat Waktu & Biaya

Pengalaman dan keahlian yang dimiliki membuat jasa reparasi profesional mampu bekerja secara efektif dan efisien. Hasilnya, menggunakan jasa reparasi koper terdekat dan profesional justru bisa menghemat banyak waktu dan biaya.

Bagian 4 | Stop’N’Go, Tempat Perbaikan Koper, Proses Cepat 60 Menit

A. Berkenalan dengan Stop’N’Go

Stop’N’Go merupakan toko reparasi tas yang sudah berdiri sejak tahun 1989. Hingga saat ini, Stop’N’Go sudah memiliki 18 outlet di mall-mall terkemuka, 1 office tower dan 1 partnership outlet. Layanan Stop’N’Go dapat ditemukan di berbagai wilayah Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Surabaya, Malang dan Makassar.

reparasi koper Stop'N'Go

Pertanyaannya sekarang, bagaimana dengan pelanggan yang tidak tinggal di 5 kota tersebut? Tenang, kamu bisa tanyakan terlebih customer service kami untuk informasi lebih lanjut. Sebab meski tinggal luar kota tersebut, kamu tetap bisa mendapatkan pelayanan kami. Stop’N’Go juga melayani reparasi koper dari luar kota dan pulau. Kualitas pelayanan kami telah teruji oleh waktu. Jadi jika kamu butuh solusi, Stop’N’Go adalah pilihan yang tepat bagi kamu.

B. Lokasi Store Stop’N’Go

Stop’N’Go telah memiliki total 20 toko reparasi yang tersebar di 5 kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Surabaya, Malang, dan Makassar. Kami memahami bahwa ketersediaan layanan reparasi tas yang berkualitas merupakan hal yang penting bagi kamu. Atas dasar inilah, kami membuka toko cabang di pusat perbelanjaan dan mall terkenal di setiap kota, sehingga kamu tidak perlu repot saat membutuhkan tempat reparasi koper terdekat.

C. Alasan Memilih Stop’N’Go

Terkadang kerusakan koper memang tidak bisa dihindari. Namun kenapa mesti memilih Stop’N’Go? Berikut beberapa alasannya.

1. While-You-Wait service – Reparasi Cepat, Dapat Ditunggu Selesai dalam 60 Menit*

(*Sesuai S&K yang berlaku.)

Stop’N’Go menawarkan layanan reparasi koper cepat yang bisa kamu tunggu. Cukup dengan 60 menit, barang kopermu akan kembali seperti semula.

2. Bisa Reparasi Beragam Kerusakan Sepatu, Tas dan Koper

Stop’N’Go memiliki teknisi yang berpengalaman dan terlatih menangani hampir semua jenis kerusakan sepatu, tas, hingga koper. Baik itu kerusakan kecil seperti resleting rusak atau kerusakan besar seperti lapisan koper yang terkelupas, kami bisa mengatasinya. Tidak hanya itu, Stop’N’Go juga menyediakan berbagai produk pembersih dan perawatan sepatu dan produk kulit lainnya mulai dari cairan pembersih hingga sol sepatu.

3. Lokasi Strategis, di Mall Terkemuka

Stop’N’Go memiliki lebih dari 20 toko reparasi yang tersebar di 5 kota di Indonesia, termasuk di pusat perbelanjaan dan mall terkenal. Hal ini membuat Stop’N’Go menjadi solusi perbaikan koper terdekat yang selalu bisa diandalkan.

4. Hasil Pekerjaan Rapih

Teknisi Stop’N’Go selalu berusaha memberikan hasil pekerjaan yang rapi dan memuaskan. Kamu tidak perlu khawatir koper kesayanganmu kembali rusak karena pekerjaan yang kurang rapi.

C. Jasa Perbaikan Koper Stop’N’Go

Stop’N’Go menyediakan jasa perbaikan koper yang bisa diandalkan. Baik koper hardcase atau koper berbahan kanvas, teknisi kami mampu memperbaikinya.

1. Reparasi Roda Koper

Roda koper sering menjadi salah satu bagian yang mudah rusak. Teknisi Stop’N’Go mampu memperbaiki roda koper yang rusak dan mengembalikannya ke kondisi semula.

2. Reparasi Ritsleting Koper

Ritssleting koper yang rusak bisa mengganggu perjalananmu. Untuk mengatasi masalah ini, Stop’N’Go memiliki teknisi yang handal dalam memperbaiki resleting koper yang rusak dan membuatnya kembali berfungsi seperti semula.

3. Reparasi Hanlde Koper

Reparasi handle koper adalah proses memperbaiki handle koper yang rusak. Kerusakan handle koper bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti pemakaian berlebihan, benda berat, benturan, dan kualitas handle koper yang rendah.

Selain itu, Stop’N’Go Juga menyediakan jasa reparasi sepatu, reparasi tas, duplikat kunci dan grafir tag. Jika kamu membutuhkannya, kamu tinggal menghubungi kami.

D. Produk Perawatan Koper di Stop’N’Go

Awet atau tidaknya koper juga tergantung pada perawatan yang kamu lakukan. Untuk bantu merawat koper agar tidak cepat rusak, Stop’N’Go juga menyediakan berbagai produk perawatan koper.

Stop’N’Go menyediakan produk pembersih dan perawatan koper dari brand kenamaan dunia. Karena dibuat dengan formula khusus, produk perawatan kami dijamin aman untuk kopermu.

Penutup

Jangan mengambil risiko dengan memperbaiki koper sendiri atau asal memilih jasa perbaikan koper terdekat. Pilihlah jasa perbaikan koper yang memang bisa dipercaya, terbukti berkualitas, dan telah teruji oleh waktu.

Pertimbangkan kualitas jasa, biaya, waktu pengembalian, dan lokasi sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa perbaikan koper. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat banyak waktu, tenaga dan uang.

Punya koper yang ingin diperbaiki? Kunjungi toko perbaikan koper terdekat Stop’N’Go sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *