Content Pillar

Perbaikan Tas: Solusi Atasi Kerusakan Tas Branded Kesayangan

Perbaikan Tas

Apakah tas kesayanganmu tiba-tiba rusak? Tentu saja hal itu sangat disayangkan terutama jika kamu ingin menggunakannya sekarang juga. Walaupun kamu punya tas lain, belum tentu tas tersebut punya unsur-unsur sentimentil dan kenangan yang berkesan layaknya tas kesayangan.

Kami memahami betapa sulitnya mencari tas yang sama persis, itulah mengapa reparasi pada tas menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah seperti ini.

Dalam artikel ini, kamu akan menemukan 11 jenis reparasi pada tas yang dapat membantu mempermudah dalam memilih jasa reparasi yang tepat. Namun sebelum membahas lebih jauh, yuk kenalan dulu dengan karakteristik dari tas yang sering biasa dijumpai di pasaran.

Bagian 1 | Mengenal Karakteristik Tas

Reparasi Tas

Tas kamu rusak? Sebelum mereparasi, ada baiknya kamu mengenali jenis-jenis tas beserta fungsi terlebih dahulu. Yuk cari tahu lebih jauh tentang jenis tas sebelum mulai reparasi.

A. Jenis-Jenis Tas Beserta Fungsi yang Sering Kamu Temui

Tas adalah salah satu aksesoris yang sering digunakan oleh banyak orang untuk membawa barang-barang penting dalam kegiatan sehari-hari. Ada banyak jenis tas yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan fungsi yang berbeda. Dalam artikel ini, kami akan membahas jenis-jenis tas beserta fungsi yang sering kamu temui.

Tidak Punya Waktu Membaca Full Artikel Sekarang?

Jangan khawatir, download E-Book dibawah ini

 

1. Backpack

Sesuai dengan namanya, backpack merupakan jenis tas yang biasa dikenakan di punggung. Tas jenis ini punya ruang penyimpanan yang besar dan dapat membuat banyak barang, seperti buku hingga laptop.

2. Waist Bag

Jenis tas yang satu ini biasanya dikenakan melingkar di bagian pinggang. Ukurannya mungil dan biasa digunakan untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil.

3. Envelope Bag

Ciri khas dari envelope bag adalah bentuknya pipih mirip seperti amplop. Kapasitas penyimpanannya pun terbilang kecil.

4. Bucket Bag

Bucket bag punya desain layaknya keranjang. Hanya saja, ada tali pengikat di bagian atasnya yang jika ditarik akan menutup mulut tas.

5. Crossbody Backpack

Mirip seperti backpack, tas jenis ini juga dikenakan di punggung. Hanya saja, tali pengikatnya hanya ada satu dan disampirkan di salah satu punggung.

6. Messenger Bag

Messenger bag pada dasarnya mirip seperti sling bag. Tas jenis ini digunakan dengan cara disampirkan ke salah satu punggung. Namun berbeda dengan sling bag, messenger bag punya ukuran yang lebih besar.

7. Shoulder Bag

Jenis tas yang satu ini punya ukuran yang terbilang mungil. Tali pengikatnya juga hanya satu dan biasa digunakan dengan cara disampirkan ke salah satu pundak.

8. Minaudiere Bag

Minaudiere bag punya tekstur keras, bahkan ada yang rangkanya terbuat dari bahan stainless steel. Ukurannya sendiri terbilang mungil. Dengan tampilan yang elegan, minaudiere bag bisa menjadi aksesoris yang berkelas.

9. Drawstring Bag

Tas yang satu ini biasanya dibuat dari bahan yang ringan dan memiliki dua tali yang juga berfungsi sebagai penutup tas. Desainnya yang casual cocok untuk diajak beraktivitas.

10. Saddle Bag

Sesuai dengan namanya, saddle bag punya bentuk mirip seperti sadel sepeda. Umumnya tas jenis ini hadir dengan warna coklat dan punya kesan vintage yang sangat kental.

11. Quilted Bag

Tas jenis quilted bag punya ciri jahitan kotak-kotak seperti selimut. Motifnya terkesan mewah. Karena itu, tas jenis ini kerap digunakan dalam acara formal.

12. Mini Backpack

Jenis tas yang satu ini mirip seperti backpack. Hanya saja, ukurannya lebih kecil.

13. Tote Bag

Tas jenis ini biasanya digunakan dengan cara dijinjing. Biasanya, tote bag dibuat dari bahan kanvas.

14. Clutch

Clutch merupakan jenis tas tangan. Ukurannya mungil dan biasa dibawa dengan cara ditenteng. Bentuknya sendiri mirip seperti dompet hanya saja dengan ukuran yang lebih besar.

15. Half Moon Bag

Half moon bag punya desain mirip seperti saddle bag. Perbedaannya terletak pada orientasinya, dimana sisi melengkung half moon bag berada di bagian atas tas.

16. Flap Bag

Flag bag punya desain mirip seperti quilted bag hanya saja dengan motif kotak-kotak timbul.

17. Baguette Bag

Bentuk baguette bag mirip seperti roti baguette dengan tali pendek di bagian atasnya.

18. Sling Bag

Sling bag merupakan jenis tas yang biasa digunakan dengan cara disampirkan ke salah satu punggung. Ukurannya ramping dengan desain yang umumnya simpel.

19. Shopping/ Grocery Bag

Tas yang satu ini punya ukuran yang cukup besar. Biasanya, shopping bag digunakan dengan cara dijinjing.

20. Wristlet

Tas jenis wristlet punya bentuk mirip seperti clutch. Perbedaannya terletak pada tambahan tali di bagian atasnya.
Setelah mengetahui jenis dan fungsi tas, kamu juga perlu tahu jenis material tas kamu.

Dengan mengetahui jenis material tas, kamu bisa mengetahui bagaimana perawatan dan cara reparasi yang tepat.

B. Mengenal 8 Jenis Material Tas

Sedikitnya ada 8 jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat tas. Berikut penjelasan kesembilan jenis material tersebut.

1. Kulit / Leather

Kulit adalah bahan tas yang andal, tahan lama dan dapat diwarnai dengan berbagai warna. Karena harganya yang mahal, bahan kulit kerap digunakan untuk tas fashion kelas atas dengan dekorasi minimal.

2. Polyester

Polyester termasuk bahan serat sintetis yang biasa digunakan untuk membuat pakaian hingga tas. Bahan ini dikenal tahan lama, kuat dan tahan air.

3. Denim

Bahan denim adalah jenis kain yang kuat. Bahan ini sering digunakan untuk membuat celana jeans dan pakaian kasual lainnya. Akan tetapi, tidak jarang denim juga digunakan untuk membuat tas.

4. Kanvas

Bahan kanvas punya karakter tebal dan kuat. Biasanya bahan yang satu ini dibuat dari kapas.

5. Satin

Satin merupakan kain yang memiliki permukaan halus dan mengkilap. Karena terlihat elegan, bahan ini sering digunakan untuk membuat pakaian formal dan tas mewah.

6. Blacu

Blacu adalah jenis kain yang punya karakter tebal dengan permukaan kasar. Daya tahannya tinggi. Kain ini biasanya dibuat dari serat alami seperti kapas atau linen.

7. Parasut

Bahan parasut termasuk jenis kain sintetis yang ringan dan tahan air. Bahan ini juga dikenal tahan terhadap angin maupun air.

8. Spunbond

Bahan spunbond merupakan jenis kain sintetis yang terbuat dari serat polipropilena. Bahan ini dikenal ringan, tahan air dan kuat.
Kini kamu sudah mengetahui jenis-jenis bahan tas. Berikutnya kamu bisa mulai mengenal jenis-jenis reparasi pada tas sesuai kebutuhan.

Dengan mengetahui jenis reparasi, menemukan tempat reparasi untuk tas terdekat akan jauh lebih mudah.

Bagian 2 | Kenali Jenis-Jenis Reparasi Pada Tas

Reparasi tas

Sebelum memilih reparasi untuk tas, kamu perlu tahu apa saja jenis kerusakan tas yang bisa diperbaiki. Yuk, cari tahu selengkapnya di sini.

A. Jenis-Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Tas

Jenis kerusakan tas sangat bervariasi. Berikut beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi.

1. Kerusakan Handle Tas

Handle merupakan bagian tas yang kerap mengalami kerusakan, terutama setelah penggunaan jangka panjang. Beberapa kerusakan yang sering terjadi diantaranya adalah kerusakan cincin atau retak di bagian kulit yang membungkus gagang.

2. Kerusakan Pada Sistem Penutup Tas (Zipper, Kancing, dll)

Kerusakan pada sistem penutup tas membuat tas jadi tidak bisa ditutup dengan sempurna. Kerusakannya pun beragam. Untuk penutup jenis zipper, kerusakan yang terjadi biasanya zipper macet atau bahkan rusak sama sekali. Sedangkan untuk model kancing, kerusakan yang umum terjadi adalah kancing yang lepas.

3. Kerusakan Pada Bahan Tas

Seiring dengan pemakaian, bahan tas bisa saja semakin aus dan tipis. Hingga akhirnya, bahan tas pun berlubang, bahkan sobek. Untuk memperbaikinya, akan lebih baik kalau kamu mencari tempat memeperbaiki tas terdekat yang terbukti punya reputasi bagus.

4. Kerusakan Pada Jahitan Tas

Jika tas sering digunakan untuk membawa beban berat, jahitannya bisa saja semakin kendur. Bahkan benang jahitan bisa putus.

Jika saat ini kamu membutuhkan jasa perbaikan tas, ketahui dan kunjungi lokasi Stop’N’Go terdekatmu.

B. Penyebab Tas kamu Sering Rusak

Agar tas tidak cepat rusak, kamu perlu tahu apa saja penyebabnya. Berikut beberapa penyebab tas mudah rusak.

1. Menyimpan Tas Dengan Cara yang Salah

Kebiasaan menyimpan tas di tempat dengan cara ditumpuk dan digantung bisa membuat tas jadi lebih cepat rusak. Selain itu tempat penyimpanan yang lembab juga bisa mengurangi usia pakai tas.

2. Menggunakan Koran di Bagian Dalam Tas

Memasukkan koran ke dalam tas yang akan disimpan sebaiknya tidak dilakukan. Tinta pada koran dan karakter kertas yang digunakan bisa saja memicu bakteri dan bau hingga membuat tas lebih rentan rusak.

3. Silica Gel Suka Dianggap Hanya Bonus Saat Membeli Tas

Silica gel bukan hanya sekedar bonus. Jika ingin menyimpan tas, gunakan silica gel untuk membantu mengurangi kelembaban.

4. Menggunakan Tas Dalam Waktu yang Lama

Tas itu punya masa pakai. Jika digunakan secara terus menerus tanpa rotasi, tas jadi lebih cepat rusak. Kalau sudah seperti ini, tentu kamu akan sedikit repot dan mulai mencari tempat servis tas terdekat.

5. Membawa Barang Terlalu Banyak

Kebiasaan membawa barang terlalu banyak bisa membebani tas. Inilah yang kemudian membuat bahan tas jadi kendur dan kehilangan kekuatannya.

6. Membersihkan Tas dengan Produk Kosmetik

Membersihkan tas dengan produk kosmetik, seperti minyak kayu putih atau baby oil memang bisa membuat tas jadi lebih bersih. Tapi perlu diingat, bahan-bahan tersebut juga bisa merusak permukaan tas secara perlahan.

C. 11 Jenis-Jenis Perbaikan Tas

Sekarang kamu sudah tahu jenis dan penyebab kerusakan pada tas. Berikutnya, kamu bisa mulai mengenal jenis-jenis reparasi yang tersedia.

1. Hardware Replacement

Untuk kerusakan butuh penggantian hardware, hardware replacement mungkin jadi satu-satunya cara. Biasanya, komponen yang diganti adalah gesper, jepitan, klip, cincin, kunci dan penutup tas.

2. Zipper Repair

Zipper repair adalah jenis perbaikan tas yang dilakukan untuk memperbaiki zipper. Jika perbaikan tidak bisa dilakukan, reparasi mungkin akan beralih ke penggantian zipper dengan yang baru.

4. Cleaning or Restoration

Jenis yang satu ini dilakukan untuk mengembalikan tas ke kondisi semula. Biasanya ini dilakukan dengan membersihkan tas atau memolesnya dengan bahan-bahan khusus.

5. Eyelets Replacement

Jenis reparasi yang satu ini dilakukan dengan cara mengganti eyelets atau cincin logam tempat mengikat tali dengan eyelets yang baru.

6. Stitching

Stitching adalah jenis reparasi yang dilakukan dengan cara menjahit ulang jahitan yang terlepas.

7. Tear Repair

Tears repair dilakukan untuk memperbaiki kerusakan permukaan tas, baik dengan cara menambal atau dengan jahitan yang tidak terlihat.

8. Inner Lining Repair

Jenis reparasi yang satu ini biasa digunakan untuk memperbaiki bagian dalam tas yang sobek. Perbaikan biasanya dilakukan dengan menambal robekan atau mengganti lapisan yang dibuat khusus.

9. Piping Repair

Reparasi satu ini merupakan jenis reparasi untuk memperbaiki atau mengganti bagian piping kulit atau kain yang sobek. Piping sendiri merupakan teknik untuk memperkuat struktur tas, khususnya di titik-titik terlemah tas.

10. Straps or Handle Repair

Straps or handle repair merupakan jenis reparasi dengan cara mengganti bahan straps atau handle dengan bahan yang serupa.

11. Recoloring

Jenis reparasi yang satu ini dilakukan dengan cara mewarnai ulang tas yang sudah mulai luntur sehingga terlihat seperti baru lagi.

D. 3 Keuntungan Perbaikan Tas

Ada beberapa keuntungan melakukan perbaikan tas dibandingkan beli yang baru. Berikut beberapa keuntungan tersebut.

1. Tas Sebagai Investasi

Tas, khususnya tas mewah dari brand-brand ternama bisa menjadi investasi berharga. Dengan perbaikan tas yang punya nilai investasi, kamu bisa menjaga nilainya.

2. Lebih Murah Dibandingkan Beli Baru

Jika dibandingkan membeli baru, reparasi pada tas bisa lebih murah. Apalagi jika tas tersebut tergolong tas mewah dan diperbaiki di tempat perbaikan tas terdekat yang tidak butuh biaya besar untuk menjangkaunya.

3. Sulit Menemukan Tas yang Sesuai

Tas kesayangan punya nilai sentimentil tersendiri. Karena itu, keberadaannya tidak tergantikan. Karena tidak tergantikan, reparasi pada tas bisa jadi solusi.

Sekarang jelas pentingnya perbaikan tas untuk menjaga tas kesayangan tetap awet. Dengan memilih jasa perbaikan tas terdekat yang dapat diandalkan, kamu bisa memastikan tas tersebut diperbaiki oleh ahlinya. Tentu saja, kamu harus tahu dulu bagaimana memilih jasa perbaikan tas terdekat untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut.

Bagian 3 | Panduan Memilih Jasa Perbaikan Tas

Reparasi Tas

Setelah mengenal jenis-jenis reparasi, muncul satu pertanyaan. Bagaimana cara memilih jasa perbaikan tas terdekat yang terbukti bisa diandalkan? Di sini kamu akan menemukan jawabannya.

A. Tips Memilih Jasa Perbaikan Tas

Memilih jasa reparasi untuk tas tidak bisa asal-asalan. Jadi agar tidak salah pilih, berikut tips untuk memilih jasa reparasi terdekat.

1. Ketahui Reputasi Toko Perbaikan Tas

Jangan langsung memutuskan hanya dengan pertimbangan lokasi reparasi terdekat. Cari tahu bagaimana reputasinya dan pastikan toko reparasi tersebut punya track record yang bagus.

2.  Kualitas Hasil Perbaikan Tas

Pertimbangkan bagaimana hasil dari reparasi. Pastikan hasilnya benar-benar kuat dan rapi. Biasanya jasa reparasi yang berpengalaman dan mempunyai reputasi yang baik memiliki kualitas pekerjaan yang baik.

3. Kecepatan Perbaikan Tas

Tanyakan berapa lama kamu harus menunggu reparasi untuk tas. Dalam hal ini pilihlah toko reparasi terdekat yang cepat melayani.

4. Bahan yang Digunakan Perbaikan Tas Kamu

Kualitas bahan menentukan hasil reparasi pada tas. Karena itu, cari tahu bahan yang digunakan oleh toko reparasi terdekat yang akan kamu gunakan.

5. Lokasi Toko Perbaikan Tas

Pertimbangkan toko reparasi terdekat. Selain itu, akan lebih baik lagi kalau toko tersebut berlokasi di tempat yang dekat dengan pusat keramaian, seperti mall atau pusat hiburan.

6. Peralatan Perbaikan Tas yang Digunakan

Kualitas reparasi juga dipengaruhi peralatan yang digunakan. Karena itu pastikan toko reparasi terdekat yang akan digunakan punya peralatan yang memadai.

7.  Kelengkapan Produk Pelengkap Perbaikan Tas

Selain peralatan, pertimbangkan juga kelengkapan produk pelengkap untuk atasi kerusakan tas kamu. Jadi kalau butuh sesuatu kamu tidak perlu mencarinya di tempat lain lagi dan bisa langsung memesannya di tempat reparasi terdekat.

B. Keuntungan Perbaikan Tas dengan Jasa Profesional

Memperbaiki sendiri memang lebih murah. Tapi harus diakui, ada segudang keuntungan mempercayakan urusan reparasi kepada ahlinya.

1. Memperbaiki Beragam Kerusakan Tas Kamu

Jasa reparasi profesional memiliki peralatan dan keterampilan yang dibutuhkan. Mereka juga berpengalaman dalam memperbaiki tas yang rusak, apapun jenis kerusakannya.

2. Lebih Berpengalaman

Pengalaman tidak pernah bohong. Dengan mempercayakan urusan reparasi kepada ahlinya, hasil yang didapat pun dijamin lebih bagus.

3. Menghemat Waktu dan Biaya

Jasa reparasi profesional memiliki jam terbang yang panjang dalam memperbaiki tas. Karena itu, mereka bisa memperbaiki kerusakan dengan cepat dan dengan biaya yang kompetitif.

Bagian 4 | Stop’N’Go, Tempat Perbaikan Tas Proses Cepat 60 Menit

A. Berkenalan dengan Stop’N’Go

Stop’N’Go merupakan penyedia jasa reparasi profesional yang telah berdiri sejak tahun 1989. Toko reparasi kami tersebar di 18 outlet di mall-mall terkemuka, 1 office tower dan 1 partnership outlet yang tersebar di 5 kota besar di Indonesia.

Stop N Go Terdekat

Layanan kami tidak terbatas pada 5 kota saja. Stop’N’Go juga melayani reparasi dari luar kota dan pulau. Jadi dimanapun kamu berada, kami siap membantumu. Dengan pengalaman dan kualitas pelayanan yang telah teruji oleh waktu, Stop’N’Go akan menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang butuh solusi reparasi untuk tas terdekat.

B. Lokasi Store Stop’N’Go

Hingga saat ini, Stop’N’Go sudah memiliki 20 toko reparasi yang tersebar di 5 kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Tangerang, Surabaya, Malang dan Makassar. Kamu bisa menemukan toko kami di pusat perbelanjaan dan mall terkenal di setiap kota tersebut. Hal ini kami lakukan demi memastikan ketersediaan layanan reparasi terdekat dan berkualitas di seluruh Indonesia.

C. Alasan Memilih Stop’N’Go

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa banyak yang percaya dengan Stop’N’Go. Berikut beberapa alasan kenapa sebaiknya kamu juga perlu mempertimbangkannya.

1. While you wait service – reparasi cepat, dapat ditunggu selesai dalam 60 menit

Reparasi di Stop’N’Go tidak butuh waktu lama. Tas kesayanganmu akan segera kami perbaiki dan selesai dalam waktu 60 menit saja.

2. Bisa reparasi hampir semua kerusakan sepatu, tas dan koper

Semua jenis kerusakan sepatu, tas dan koper bisa kami perbaiki. Jadi jika kamu mencari reparasi terdekat atau butuh reparasi barang yang lain, kami akan memperbaikinya dan mengembalikannya seperti semula.

3. Lokasi Strategis, di Mall Terkemuka

Toko reparasi Stop’N’Go berlokasi di lokasi strategis di mall-mall terkemuka. Jadi selain mudah diakses, kamu juga bisa menunggu sambil berbelanja.

4. Hasil Pekerjaan Rapih

Kualitas hasil pekerjaan selalu menjadi perhatian kami. Demi reparasi yang sempurna, kami selalu memastikan hasil pekerjaan benar-benar rapi.

D. Jasa Perbaikan Tas Stop’N’Go

Ada beberapa jenis layanan reparasi untuk tas yang tersedia di Stop’N’Go. Berikut beberapa jenis layanan tersebut.

1. Reparasi Resleting

Stop’N’Go menyediakan layanan reparasi resleting macet atau rusak sama sekali. Untuk kerusakan yang lebih serius, kami juga akan mengganti resleting lama dengan resleting baru yang serupa.

2. Reparasi Tali Tas

Kalau tali tas kesayangan rusak atau perlu diganti, Stop’N’Go bisa membantumu. Kami akan memperbaikinya dan mengembalikan tas kesayanganmu seperti sedia kala.

3. Reparasi Lapisan Dalam Tas

Lapisan dalam yang sobek atau aus tentu perlu diperbaiki. Reparasi lapisan dalam tas merupakan layanan yang kami sediakan untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

4. Bag Cleaning

Beda tas beda juga penanganannya. Jika asal dibersihkan, bisa-bisa tas justru malah rusak. Untuk kamu yang butuh bantuan untuk membersihkan tas kesayangan, Stop’N’Go menyediakan layanan bag cleaning.

5. Bag Coloring

Stop’N’Go menyediakan layanan bag coloring untuk bantu mengembalikan warna tas seperti sedia kala. Dengan layanan ini, tas lamamu akan terlihat seperti baru lagi.

Stop N Go juga menyediakan jasa reparasi sepatu, reparasi koper, duplikat kunci dan grafir tag. Kamu bisa mengunjungi website resmi kami untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

E. Produk Perawatan Tas di Stop’N’Go

Stop’N’Go juga menyediakan produk perawatan tas. Berikut ini beberapa jenis produk perawatan yang bisa kamu dapatkan di Stop’N’Go.

Stop’N’Go menyediakan berbagai produk pembersih dan perawatan tas dari merek-merek kelas dunia. Karena dirancang khusus untuk tas, kami pastikan semuanya aman untuk tas kesayangan.

Penutup

Demi memastikan tas kesayangan mendapatkan penanganan terbaik, memilih jasa reparasi untuk tas harus dilakukan dengan hati-hati. Pertimbangan kualitas pekerjaan, biaya, waktu pengembalian dan lokasi sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa reparasi tidak boleh diabaikan.

Saat mencari tempat reparasi terdekat, pastikan juga kamu memilih penyedia jasa yang punya reputasi baik dan pengalaman yang memadai. Selain lebih terjamin, kamu juga bisa lebih tenang mempercayakan urusan tas kesayangan.

Cari tempat perbaikan tas terdekat yang terbukti bisa diandalkan? Kunjungi lokasi Stop’N’Go sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *